KOMPETENSI DASAR :
18. MENYELEKSI STRATEGI PEMASARAN
Materi Pokok
MENYELEKSI STRATEGI PEMASARAN
Menyeleksi strategi pemasaran adalah cara cerdas pengusaha dalam memilih strategi pemasaran yang cocok sesuai dengan produk usahanya.
Ada banyak strategi misalnya yang terkenal diantaranya STP atau Segmenting, Targeting, dan Positioning”
Gambar 1. Strategi Pemasaran STP
Segmenting
Segmenting
adalah proses dimana anda sebagai seorang pemasar mengkategorikan,
mengklasifikasikan, menggolong-golongkan semua target potensial produk yang
akan dipasarkan. Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi
bagian-bagian berdasarkan pembeli dan kebutuhan, karakteristik atau
perilakunya, dsb.
Gambar 2. Segmentasi Pasar
Targeting
Selanjutnya
adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang
menjadi target market. Pengertian dari targeting itu sendiri merupakan sebuah
sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa
survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses
pemasaran tidak salah sasaran.
Gambar 3. Target Pasar
Produk Positioning
Positioning
yaitu bagaimana anda menempatkan posisi di mata pelanggan jika dibandingkan
pesaing. Dalam hal ini termasuk brand image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage sehingga menjadi alasan bagi konsumen memilih produk
anda (tidak produk pesaing). Secara umum anda bisamenetapkan ingin seperti apa
posisi perusahaan pada persaingan yang ketat.
Gambar 4. Pemosisian Produk
Tugas untuk siswa
Setelah
memperhatikan penjelasan di atas, coba Anda Rancang Langkah Strategi Pemasaran
Produk Anda!! Tuliskan dalam lembar kerja!!
Ringkasan
Demikian
materi singkat tentang menyeleksi strategi pemasaran kali yang mengulas tentang
Strategi STP yaitu : Segmenting, Targeting, dan Positioning. Semoga bermanfaat.
Video Pembelajaran
Berikut disajikan video penjelasan tentang Menyeleksi Strategi Pemasaran.
Pengayaan
Adapun untuk pengembangan Strategi Pemasaran, tidak hanya STP, bisa yang lain seperti AIDAS, ADIA, SELL, SPIN dan sebagainya.
0 Comments