MEDIA
PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
A. Nama
Media Pelajaran: Media Blog PKK
B. Tujuan:
1. Mempermudah akses materi PKK
2.
Membantu keberhasilan model pembelajaran Flipped Classroom
C. Manfaat: 1. Memperlancar
pelajaran PKK
2. Menghilangkan
Batasan ruang dan waktu terhadap aksebilitas materi PKK
D. Teori Terkait
Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah
mempengaruhi segala lini kehidupan manusia. Dunia pendidikan berperan penting
dalam mengembangkan teknologi informasi tersebut. Sebaliknya kemajuan dalam
dunia pendidikan merupakan andil besar kemajuan teknologi bidang informasi. Ada
hubungan timbal balik antara teknologi dan dunia pendidikan.
Teknologi komputer dan ajringan paling berperan dalam
perkembangan pendidikan di negeri ini. Perangkat komputer telah
mempercepat operasional proses administrasi pendidikan di lembaga sekolah.
Sehingga hampir semua warga sekolah sudah dapat mengoperasikan peralatan
komputer.
Begitu pula jaringan internet, telah memudahkan warga
sekolah untuk mengakses internet. Memperoleh berbagai informasi dan hiburan
untuk menambah pengetahuan dan wawasan warga sekolah. Memang, komputer dan
jaringan telah memudahkan semua warga sekolah untuk melaksanakan tugas dan
fungsinya masing-masing.
Salah satu media internet yang berperan terhadap
pendidikan di sekolah adalah weblog atau disingkat blog. Blog merupakan sebuah
aplikasi bagian dari website yang dapat diakses oleh pengguna online.
Ciri khas sebuah blog adalah memuat tulisan dan gambar
dalam bentuk postingan pada setiap halamannya. Dikelola oleh seorang
administrator (admin) bersifat tunggal dan ada pula yang dibantu oleh beberapa
orang penulis.
Sementara itu Flipped Classroom adalah model
pembelajaran yang “membalik” metode tradisional, di mana biasanya materi
diberikan di kelas dan siswa mengerjakan tugas di rumah. ... Sebaliknya, sesi
belajar di kelas digunakan untuk diskusi kelompok dan mengerjakan tugas.
Penerapan model flipped classroom memiliki banyak
keuntungan dibandingkan model pembelajaran tradisional. Tersedianya materi
dalam bentuk video memberikan kebebasan pada siswa untuk menghentikan atau
mengulang materi kapan saja di bagian-bagian yang kurang mereka pahami. Selain
itu, pemanfaatan sesi belajar di kelas untuk proyek atau tugas kelompok
mempermudah siswa untuk saling berinteraksi dan belajar satu sama lain.
Namun, meski memiliki banyak kelebihan, flipped classroom
membutuhkan persiapan matang agar dapat berjalan dengan optimal. Guru tentunya
harus membuat video pembelajaran yang menarik, berkualitas, serta dapat
dipahami siswa tanpa tatap muka secara langsung; sementara siswa, di sisi lain,
harus memiliki akses terhadap koneksi internet.
Semua material dikoordinasikan dalam link yang beraturan
dan diadministrasi dengan baik melalui sebuat website. Yang mudah digunakan
adalah blog. Oleh sebab itu kami menyusun media pembelajaran Blog PKK untuk
menunjang material Flipped Classroom tersebut.
E. Desain Media
1) Media Blog PKK
Rancangan
menu website disusun berdasarkan urutan kebutuhan yaitu :
a. Angket
Awal PKK
b. Modul
Awal PKK
c. Soal
UH1
Gambar 1. Tampilan Menu
Blog PKK
2) Link pada Materi Lanjutan.
Pada Materi I, akan dihubungkan dengan
materi selanjutnya. Sedangkan pada Materi, II dan seterusnya memiliki link
untuk ke materi selanjutnya atau kembali ke materi sebelumnya.
Gambar 2. Link
Navigasi Perpindahan Modul
3) Petunjuk Praktikum.
Dalam setiap Modul, ada langkah langkah praktikum yang bisa dilakukan
siswa baik dengan bimbingan guru, maupun kerjasama kelompok atas bimbingan
guru.
Gambar 3. Kegiatan Praktikum
F. Prosedur Pembuatan Media
Proses pembuatan media Blog PKK tidaklah rumit.
Setelah semua materi modul tersedia, guru membuat sebuah blog di www.blogspot.com.
Akan muncul tampilan editor blog dan pilih Blog baru seperti berikut.
Gambar 4. Membuat
Blog Baru
Selanjutnya ikuti
langkah yang diminta seperti memberi judul, alamat, memilih template dasar, dan
klik buat buat blog.
Gambar 5. Membuat
Judul Blog
Sebaiknya
menggunakan template pihak ke 3 agar variasi menu dan tampilan lebih menarik.
Misal kita mendownload template di Blogger Template dengan mencari di goole.
Gambar 6. Mencari
Template di Google
Setelah ditemukan
template yang sesuai, bisa di lihat dulu tampilan dengan mengklik Live Preview sebelum anda Download.
Gambar 7.
Mendownload Template Blog
Selanjutnya extrak
file rar atau zip yang didapat, dan carilah file yang berekstensi XML. Bukan
dengan Notepad. Copy semua isi file koding html tersebut.
Gambar 8. Membuka
dan Mencopy isi XML file
Buka editor blog yang sedang dibuat,
dan pada Tema, klik Edit HTML lalu hapus semua kode html yang ada, dan
tempelkan (paste) kode html dari Notepad yang sudah kita copy sebelumnya.
Gambar 9. Tempat mencopy
HTML code dari template ke blog kita
Lihatlah hasilnya, selanjutnya kita
bisa menambah atau mengedit menu yang tersedia, dengan mengklik Tata Letak.
Gambar 10. Editing Main
Menu Blog
Pada Blog ini dengan alamat https://sapamultimedia.blogspot.com/
menu yang dimiliki sementara seperti pada gambar berikut.
Gambar 11. Menu pada Blog
PKK
G. Penggunaan Media dalam
Pembelajaran
Media Blog PKK merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah diakses oleh
siapapun dimanapun dan kapanpun, asal anda terkoneksi dengan internet. Apabila ingin
menyimpan secara offline bisa dilakukan dengan menyimpan semua mudol dan
linknya kedalam perangkat komputer anda.
Sebelum semua modul
dikerjakan, akan dilihat minat berwirausaha sebelum mengikuti pembelajaran ini.
Setiap modul disediakan uraian praktikum yang harus dijalankan siswa. Dan pada
pertemuan tertentu akan diberikan Ulangan Harian yang tersedia di link
tersebut.
==================== batas halaman ====================
MEDIA
PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
PEMERINTAH PROVINSI
JAWA TIMUR
DINA PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MOJOKERTO
Jalan Kedungsari Magersari Mojokerto
15 Oktober 2018
==================== batas halaman ====================
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA
PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun untuk diajukan sebagai Karya Inovasi
dalam Kenaikan Pangkat ke IV a
Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
==================== batas halaman ====================
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama :
ALI BASYAH, ST., M.Pd
NIP :
19670922 200501 1 005
Pangkat/Gol. :
Penata Tk I /III.d
Jabatan :
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
Dengan ini
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa media yang berupa:
MEDIA
PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
Benar-benar karya sendiri dan bukan meniru karya orang
lain.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan
sebenarnya. Apabila di kemudian hari ditemukan
kebohongan, saya siap menerima sanksi.
Mojokerto, 17 Oktober 2018
Pembuat Pernyataan,
Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP 19670922
200501 1 005
==================== batas halaman ====================
Laporan pembuatan Media Pembelajaran Blog PKK sebagai Material
Flipped Classroom.Url : https://sapamultimedia.blogspot.com/ini
telah disahkan pada 17 Oktober 2018
Penyusun,
Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Mengesahkan,
Kepala SMK Negeri 1 Mojokerto
Dra. Prapti Widodo, M.Pd.,MM
Pembina Tingkat 1
Nip 19620607 199003 2 006
==================== batas halaman ====================
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta hadiyah-Nya kepada penulis sehingga laporan Media Pembelajaran Blog PKK sebagai Material Flipped Classroom.Url : https://sapamultimedia.blogspot.com/ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
Laporan ini disusun untuk persyaratan
pengajuan nilai karya inovasi dalam pembuatan media pembelajaran untuk kenaikan
pangkat ke IV a. Laporan ini berisi tentang nama media,
tujuan, manfaat, teori terkait, desain media, cara pembuatan, dan cara
penggunaan media dalam pembelajaran.
Dalam penyelesain laporan ini, penyusun
mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada:
1)
Kepala SMKN 1 Mojokerto yang telah
memberi izin dan dukungan dalam pembuatan media ini.
2) Teman-teman sejawat di SMKN 1 Mojokerto yang telah memberikan
dorongan semangat kepada penulis.
3)
Anak dan istriku yang selalu memberi
inspirasi kepada penulis.
Penyusun menyadari bahwa dalam laporan ini masih
terdapat beberapa kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan kritik dari
pembaca sangat penulis harapkan. Atas saran dan kritiknya, penyusun ucapkan
terima kasih.
Penyusun,
==================== batas halaman ====================
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................... ii
Nama Media ..................................................................................................................... 1
Tujuan .............................................................................................................................. 1
Manfaat ............................................................................................................................ 1
Teori Terkait .................................................................................................................... 1
Desain Media ................................................................................................................... 2
Prosedur Pembuatan Media ............................................................................................. 2
Penggunaan Media dalam Pembelajaran ......................................................................... 5
0 Comments