Contoh Karya Inovasi Blog PKK Sebagai Material Flipped Classroom


MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM

Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd

A.     Nama Media Pelajaran: Media Blog PKK
B.     Tujuan:  1. Mempermudah akses materi PKK
         2. Membantu keberhasilan model pembelajaran Flipped Classroom
C. Manfaat: 1. Memperlancar pelajaran PKK
                    2. Menghilangkan Batasan ruang dan waktu terhadap aksebilitas materi PKK
D. Teori Terkait
Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mempengaruhi segala lini kehidupan manusia. Dunia pendidikan berperan penting dalam mengembangkan teknologi informasi tersebut. Sebaliknya kemajuan dalam dunia pendidikan merupakan andil besar kemajuan teknologi bidang informasi. Ada hubungan timbal balik antara teknologi dan dunia pendidikan.
Teknologi komputer dan ajringan paling berperan dalam perkembangan pendidikan di negeri ini. Perangkat komputer telah mempercepat operasional proses administrasi pendidikan di lembaga sekolah. Sehingga hampir semua warga sekolah sudah dapat mengoperasikan peralatan komputer.
Begitu pula jaringan internet, telah memudahkan warga sekolah untuk mengakses internet. Memperoleh berbagai informasi dan hiburan untuk menambah pengetahuan dan wawasan warga sekolah. Memang, komputer dan jaringan telah memudahkan semua warga sekolah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.
Salah satu media internet yang berperan terhadap pendidikan di sekolah adalah weblog atau disingkat blog. Blog merupakan sebuah aplikasi bagian dari website yang dapat diakses oleh pengguna online.
Ciri khas sebuah blog adalah memuat tulisan dan gambar dalam bentuk postingan pada setiap halamannya. Dikelola oleh seorang administrator (admin) bersifat tunggal dan ada pula yang dibantu oleh beberapa orang penulis.
Sementara itu Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang “membalik” metode tradisional, di mana biasanya materi diberikan di kelas dan siswa mengerjakan tugas di rumah. ... Sebaliknya, sesi belajar di kelas digunakan untuk diskusi kelompok dan mengerjakan tugas.
Penerapan model flipped classroom memiliki banyak keuntungan dibandingkan model pembelajaran tradisional. Tersedianya materi dalam bentuk video memberikan kebebasan pada siswa untuk menghentikan atau mengulang materi kapan saja di bagian-bagian yang kurang mereka pahami. Selain itu, pemanfaatan sesi belajar di kelas untuk proyek atau tugas kelompok mempermudah siswa untuk saling berinteraksi dan belajar satu sama lain.
Namun, meski memiliki banyak kelebihan, flipped classroom membutuhkan persiapan matang agar dapat berjalan dengan optimal. Guru tentunya harus membuat video pembelajaran yang menarik, berkualitas, serta dapat dipahami siswa tanpa tatap muka secara langsung; sementara siswa, di sisi lain, harus memiliki akses terhadap koneksi internet.
Semua material dikoordinasikan dalam link yang beraturan dan diadministrasi dengan baik melalui sebuat website. Yang mudah digunakan adalah blog. Oleh sebab itu kami menyusun media pembelajaran Blog PKK untuk menunjang material Flipped Classroom tersebut.

E. Desain Media
1) Media Blog PKK
            Rancangan menu website disusun berdasarkan urutan kebutuhan yaitu :
a.       Angket Awal PKK
b.      Modul Awal PKK
c.       Soal UH1


Gambar 1. Tampilan Menu Blog PKK
2) Link pada Materi Lanjutan.
Pada Materi I, akan dihubungkan dengan materi selanjutnya. Sedangkan pada Materi, II dan seterusnya memiliki link untuk ke materi selanjutnya atau kembali ke materi sebelumnya.

Gambar 2. Link Navigasi Perpindahan Modul
3) Petunjuk Praktikum.
Dalam setiap Modul, ada langkah langkah praktikum yang bisa dilakukan siswa baik dengan bimbingan guru, maupun kerjasama kelompok atas bimbingan guru.

Gambar 3. Kegiatan Praktikum

F. Prosedur Pembuatan Media
Proses pembuatan media Blog PKK tidaklah rumit. Setelah semua materi modul tersedia, guru membuat sebuah blog di www.blogspot.com. Akan muncul tampilan editor blog dan pilih Blog baru seperti berikut.

Gambar 4. Membuat Blog Baru
Selanjutnya ikuti langkah yang diminta seperti memberi judul, alamat, memilih template dasar, dan klik buat buat blog.

Gambar 5. Membuat Judul Blog
Sebaiknya menggunakan template pihak ke 3 agar variasi menu dan tampilan lebih menarik. Misal kita mendownload template di Blogger Template dengan mencari di goole.

Gambar 6. Mencari Template di Google
Setelah ditemukan template yang sesuai, bisa di lihat dulu tampilan dengan mengklik Live Preview sebelum anda Download.

Gambar 7. Mendownload Template Blog
Selanjutnya extrak file rar atau zip yang didapat, dan carilah file yang berekstensi XML. Bukan dengan Notepad. Copy semua isi file koding html tersebut.

Gambar 8. Membuka dan Mencopy isi XML file
Buka editor blog yang sedang dibuat, dan pada Tema, klik Edit HTML lalu hapus semua kode html yang ada, dan tempelkan (paste) kode html dari Notepad yang sudah kita copy sebelumnya.

Gambar 9. Tempat mencopy HTML code dari template ke blog kita
Lihatlah hasilnya, selanjutnya kita bisa menambah atau mengedit menu yang tersedia, dengan mengklik Tata Letak.

Gambar 10. Editing Main Menu Blog
Pada Blog ini dengan alamat https://sapamultimedia.blogspot.com/ menu yang dimiliki sementara seperti pada gambar berikut.

Gambar 11. Menu pada Blog PKK
G. Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Media Blog PKK merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah diakses oleh siapapun dimanapun dan kapanpun, asal anda terkoneksi dengan internet. Apabila ingin menyimpan secara offline bisa dilakukan dengan menyimpan semua mudol dan linknya kedalam perangkat komputer anda.
Sebelum semua modul dikerjakan, akan dilihat minat berwirausaha sebelum mengikuti pembelajaran ini. Setiap modul disediakan uraian praktikum yang harus dijalankan siswa. Dan pada pertemuan tertentu akan diberikan Ulangan Harian yang tersedia di link tersebut.



==================== batas halaman ====================

MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM




LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN



Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto









PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINA PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MOJOKERTO
Jalan Kedungsari Magersari Mojokerto
15 Oktober 2018

  

==================== batas halaman ====================


LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN





MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM



LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun untuk diajukan sebagai Karya Inovasi
dalam Kenaikan Pangkat ke IV a





Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto














==================== batas halaman ====================
  


SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                    : ALI BASYAH, ST., M.Pd
NIP                      : 19670922 200501 1 005
Pangkat/Gol.        : Penata Tk I /III.d
Jabatan                 : Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa media yang berupa:
MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PKK
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM

Benar-benar karya sendiri dan bukan meniru karya orang lain.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari ditemukan kebohongan, saya siap menerima sanksi.

                                                                                            Mojokerto, 17 Oktober 2018
                                                                                            Pembuat Pernyataan,


                                                                                            Ali Basyah, ST., M.Pd
                                                                                            NIP 19670922 200501 1 005



  

==================== batas halaman ====================



Laporan pembuatan  Media Pembelajaran Blog PKK sebagai Material Flipped Classroom.Url : https://sapamultimedia.blogspot.com/ini telah disahkan pada 17 Oktober 2018





Penyusun,




Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005







Mengesahkan,
Kepala SMK Negeri 1 Mojokerto




Dra. Prapti Widodo, M.Pd.,MM
Pembina Tingkat 1     
Nip 19620607 199003 2 006



==================== batas halaman ====================

  
KATA PENGANTAR


Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hadiyah-Nya kepada penulis sehingga laporan Media Pembelajaran Blog PKK sebagai Material Flipped Classroom.Url : https://sapamultimedia.blogspot.com/ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
Laporan ini disusun untuk persyaratan pengajuan nilai karya inovasi dalam pembuatan media pembelajaran untuk kenaikan pangkat ke IV a. Laporan ini berisi tentang nama media, tujuan, manfaat, teori terkait, desain media, cara pembuatan, dan cara penggunaan media dalam pembelajaran.
Dalam penyelesain laporan ini, penyusun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada:
1)      Kepala SMKN 1 Mojokerto yang telah memberi izin dan dukungan dalam pembuatan media ini.
2)     Teman-teman sejawat  di SMKN 1 Mojokerto yang telah memberikan dorongan semangat kepada penulis.
3)      Anak dan istriku yang selalu memberi inspirasi kepada penulis.
Penyusun menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan. Atas saran dan kritiknya, penyusun ucapkan terima kasih.


Penyusun,


==================== batas halaman ====================


DAFTAR ISI
Halaman


KATA PENGANTAR ...................................................................................................            i
DAFTAR ISI ...................................................................................................................           ii
Nama Media .....................................................................................................................           1
Tujuan ..............................................................................................................................           1
Manfaat ............................................................................................................................           1
Teori Terkait ....................................................................................................................           1
Desain Media ...................................................................................................................           2
Prosedur Pembuatan Media .............................................................................................           2
Penggunaan Media dalam Pembelajaran .........................................................................           5





Post a Comment

0 Comments