Contoh Laporan Karya Inovasi Media Online




Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd

A.     Nama Media Pelajaran: Media Video PKK
B.     Tujuan:  1. Mempermudah akses materi PKK
         2. Membantu keberhasilan model pembelajaran Flipped Classroom
C. Manfaat: 1. Memperlancar pelajaran PKK
                    2. Menghilangkan Batasan ruang dan waktu terhadap aksebilitas materi PKK
D. Teori Terkait
Konsep video yang memenuhi model pembelajaran flipped classroom adalah memiliki format sajian dan treatment seperti berikut :
1.      Opening
2.      Apersepsi
3.      Materi
4.      Konfirmasi
5.      Ringkasan Materi
6.      Closing/Credit
E. Desain Media
1) Treatment

Opening berisi logo utama, yang menggambarkan pendukung dari video ini, 
 dan diikuti oleh Judul Program yaitu Flipped Classrooom

Selanjutnya berisi Judul Mata Pelajaran yaitu Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Tampilan berikutnya adalah Judul Materi, misal Proses Pengujian Prototype dan bersama team kerja


Apersepsi adalah kalimat pembuka dan tayangan sekilas yang menggambarkan materi apa yang akan disajikan dalam video tersebut.


Materi menampilkan isi mendalam dari sajian pembahasan yang dikuatkan oleh tampilan teks (caption) atau tampilan video pendukung. Format sajian bisa berupa wawancara, diskusi, ataupun magazine.

Konfirmasi adalah pertanyaan terbuka bagi siswa. Ini diperlukan karena media ini diperuntukkan bagi model flipped classroom, dimana siswa menonton terlebih dahulu tayangan video ini dirumah, dan sebagai konfirmasi maka siswa diharuskan menjawab pertanyaan tersebut.

Ringkasan Materi : adalah ulasan singkat point point dari materi yang telah disampaikan sebelumnya
Closing atau Credit sebagai penutup dari video ini


2) Ragam Materi
            Rancangan materi disesuaikan dengan jumlah Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan. Ada 10 KD  yaitu :

3) Link pada Materi Lanjutan.
Pada Materi I, akan dihubungkan dengan materi selanjutnya. Sedangkan pada Materi, II dan seterusnya memiliki link untuk ke materi selanjutnya atau kembali ke materi sebelumnya. Link tersebut terletak pada diskripsi setiap video di youtube


3) Petunjuk Mengerjakan Pertanyaan.
Dalam setiap Video, ada pertanyaan yang harus dijawab siswa sebelum pelajaran dikelas dimulai.

F. Prosedur Pembuatan Media
Proses pembuatan media Video PKK memerlukan keahlian pengolahan video. Setelah semua materi video tersedia, guru membuat channel di youtube Url : https://goo.gl/2v46Gb. Akan muncul tampilan channel youtube seperti berikut.

Gambar 4. Membuat Channel Youtube
Selanjutnya setiap video yang diupload agar beri thumbnail yang seragam untuk mempermudah pemirsa menggolongkan atau mentracer video urutannya.
Dan satu persatu video yang dimiliki diberikan keterangan link pada diskripsinya. Indi mempermudah navigasi apabila ingin meneruskan ke video sebelumnya atau video berikutnya.

G. Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Media Video PKK merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah diakses oleh siapapun dimanapun dan kapanpun, asal anda terkoneksi dengan internet. Apabila ingin menyimpan secara offline bisa dilakukan dengan menyimpan semua mudul kedalam perangkat komputer anda.
Didalam diskripsi video tersebut juga disediakan modul dari blog yang sesuai dengan pokok bahasan video. Ini disebut dengan Debate Oriented Flipping
Kerjakan semua pertanyaan yang ada dalam video sebagai bentuk konfirmasi bahwa siswa sudah menonton video tersebut dirumah.


========================batas halaman =======================

MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM



LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN



Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto









PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINA PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MOJOKERTO
Jalan Kedungsari Magersari Mojokerto
15 Oktober 2018


========================batas halaman =======================

LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN





MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM



LAPORAN MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun untuk diajukan sebagai Karya Inovasi
dalam Kenaikan Pangkat ke IV a





Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto








========================batas halaman =======================




 

SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                    : ALI BASYAH, ST., M.Pd
NIP                      : 19670922 200501 1 005
Pangkat/Gol.        : Penata Tk I /III.d
Jabatan                 : Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa media yang berupa:
MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
Benar-benar karya sendiri dan bukan meniru karya orang lain.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari ditemukan kebohongan, saya siap menerima sanksi.

                                                                                            Mojokerto, 17 Oktober 2018
                                                                                            Pembuat Pernyataan,


                                                                                            Ali Basyah, ST., M.Pd
                                                                                            NIP 19670922 200501 1 005



                 ========================batas halaman =======================

Laporan pembuatan  MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI sebagai Material Flipped Classroom. Url : https://goo.gl/2v46Gb ini telah disahkan pada 17 Oktober 2018





Penyusun,




Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005







Mengesahkan,
Kepala SMK Negeri 1 Mojokerto




Dra. Prapti Widodo, M.Pd.,MM
Pembina Tingkat 1     
Nip 19620607 199003 2 006


                      ========================batas halaman =======================

KATA PENGANTAR


Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hadiyah-Nya kepada penulis sehingga laporan MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI sebagai Material Flipped Classroom. : https://goo.gl/2v46Gb  ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
Laporan ini disusun untuk persyaratan pengajuan nilai karya inovasi dalam pembuatan media pembelajaran untuk kenaikan pangkat ke IV a. Laporan ini berisi tentang nama media, tujuan, manfaat, teori terkait, desain media, cara pembuatan, dan cara penggunaan media dalam pembelajaran.
Dalam penyelesain laporan ini, penyusun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada:
1)      Kepala SMKN 1 Mojokerto yang telah memberi izin dan dukungan dalam pembuatan media ini.
2)      Teman-teman sejawat  di SMKN 1 Mojokerto yang telah memberikan dorongan semangat kepada penulis.
3)      Anak dan istriku yang selalu memberi inspirasi kepada penulis.
Penyusun menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan. Atas saran dan kritiknya, penyusun ucapkan terima kasih.


Penyusun,


            ========================batas halaman =======================


DAFTAR ISI
Halaman


KATA PENGANTAR ...................................................................................................            i
DAFTAR ISI ...................................................................................................................           ii
Nama Media .....................................................................................................................           1
Tujuan ..............................................................................................................................           1
Manfaat ............................................................................................................................           1
Teori Terkait ....................................................................................................................           1
Desain Media ...................................................................................................................           2
Prosedur Pembuatan Media .............................................................................................           2
Penggunaan Media dalam Pembelajaran .........................................................................           5





Post a Comment

0 Comments