Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
A. Nama
Media Pelajaran: Media Video PKK
B. Tujuan:
1. Mempermudah akses materi PKK
2.
Membantu keberhasilan model pembelajaran Flipped Classroom
C. Manfaat: 1. Memperlancar
pelajaran PKK
2. Menghilangkan
Batasan ruang dan waktu terhadap aksebilitas materi PKK
D. Teori Terkait
Konsep video yang memenuhi model pembelajaran flipped
classroom adalah memiliki format sajian dan treatment seperti berikut :
1. Opening
2. Apersepsi
3. Materi
4. Konfirmasi
5. Ringkasan Materi
6. Closing/Credit
E. Desain Media
1) Treatment
Opening berisi logo utama, yang menggambarkan
pendukung dari video ini,
Selanjutnya berisi Judul Mata Pelajaran yaitu Produk
Kreatif dan Kewirausahaan
Tampilan berikutnya adalah Judul Materi, misal Proses
Pengujian Prototype dan bersama team kerja
Apersepsi adalah kalimat pembuka dan tayangan sekilas
yang menggambarkan materi apa yang akan disajikan dalam video tersebut.
Materi menampilkan isi mendalam dari sajian
pembahasan yang dikuatkan oleh tampilan teks (caption) atau tampilan video
pendukung. Format sajian bisa berupa wawancara, diskusi, ataupun magazine.
Konfirmasi adalah pertanyaan terbuka bagi siswa. Ini
diperlukan karena media ini diperuntukkan bagi model flipped classroom, dimana
siswa menonton terlebih dahulu tayangan video ini dirumah, dan sebagai
konfirmasi maka siswa diharuskan menjawab pertanyaan tersebut.
Ringkasan Materi : adalah ulasan singkat point point dari materi yang telah
disampaikan sebelumnya
Closing atau Credit sebagai penutup dari video ini
2) Ragam Materi
Rancangan
materi disesuaikan dengan jumlah Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan. Ada 10
KD yaitu :
3) Link pada Materi Lanjutan.
Pada Materi I, akan dihubungkan dengan
materi selanjutnya. Sedangkan pada Materi, II dan seterusnya memiliki link
untuk ke materi selanjutnya atau kembali ke materi sebelumnya. Link tersebut
terletak pada diskripsi setiap video di youtube
3) Petunjuk Mengerjakan Pertanyaan.
Dalam setiap Video, ada pertanyaan yang harus dijawab siswa sebelum
pelajaran dikelas dimulai.
F. Prosedur Pembuatan Media
Proses pembuatan
media Video PKK memerlukan keahlian pengolahan video. Setelah semua materi video tersedia,
guru membuat channel di youtube Url
: https://goo.gl/2v46Gb. Akan muncul
tampilan channel youtube seperti berikut.
Gambar 4. Membuat Channel
Youtube
Selanjutnya setiap
video yang diupload agar beri thumbnail yang seragam untuk mempermudah pemirsa
menggolongkan atau mentracer video urutannya.
Dan satu persatu
video yang dimiliki diberikan keterangan link pada diskripsinya. Indi
mempermudah navigasi apabila ingin meneruskan ke video sebelumnya atau video
berikutnya.
G. Penggunaan Media dalam
Pembelajaran
Media Video PKK merupakan salah satu media pembelajaran yang mudah diakses oleh
siapapun dimanapun dan kapanpun, asal anda terkoneksi dengan internet. Apabila ingin
menyimpan secara offline bisa dilakukan dengan menyimpan semua mudul kedalam
perangkat komputer anda.
Didalam diskripsi
video tersebut juga disediakan modul dari blog yang sesuai dengan pokok bahasan
video. Ini disebut dengan Debate Oriented Flipping
Kerjakan semua
pertanyaan yang ada dalam video sebagai bentuk konfirmasi bahwa siswa sudah
menonton video tersebut dirumah.
========================batas halaman =======================
MEDIA
PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
PEMERINTAH PROVINSI
JAWA TIMUR
DINA PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 MOJOKERTO
Jalan Kedungsari Magersari Mojokerto
15 Oktober 2018
========================batas halaman =======================
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA
PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
LAPORAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun untuk diajukan sebagai Karya Inovasi
dalam Kenaikan Pangkat ke IV a
Oleh Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
========================batas halaman =======================
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama :
ALI BASYAH, ST., M.Pd
NIP :
19670922 200501 1 005
Pangkat/Gol. :
Penata Tk I /III.d
Jabatan :
Guru Keahlian Multimedia SMKN 1 Mojokerto
Dengan ini
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa media yang berupa:
MEDIA
PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI
SEBAGAI
MATERIAL FLIPPED CLASSROOM
Benar-benar karya sendiri dan bukan meniru karya orang
lain.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan
sebenarnya. Apabila di kemudian hari ditemukan
kebohongan, saya siap menerima sanksi.
Mojokerto, 17 Oktober 2018
Pembuat Pernyataan,
Ali Basyah, ST.,
M.Pd
NIP 19670922
200501 1 005
========================batas halaman =======================
Laporan pembuatan MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL)
PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN KELAS XI sebagai Material Flipped Classroom. Url : https://goo.gl/2v46Gb ini telah disahkan pada 17 Oktober 2018
Penyusun,
Ali Basyah, ST., M.Pd
NIP. 19670922 200501 1 005
Mengesahkan,
Kepala SMK Negeri 1 Mojokerto
Dra. Prapti Widodo, M.Pd.,MM
Pembina Tingkat 1
Nip 19620607 199003 2 006
========================batas halaman =======================
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta hadiyah-Nya kepada penulis sehingga laporan MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE (VIDEO CHANNEL) PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN
KELAS XI sebagai Material Flipped Classroom. : https://goo.gl/2v46Gb ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.
Laporan ini disusun untuk persyaratan
pengajuan nilai karya inovasi dalam pembuatan media pembelajaran untuk kenaikan
pangkat ke IV a. Laporan ini berisi tentang nama media,
tujuan, manfaat, teori terkait, desain media, cara pembuatan, dan cara
penggunaan media dalam pembelajaran.
Dalam penyelesain laporan ini, penyusun
mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada:
1)
Kepala SMKN 1 Mojokerto yang telah
memberi izin dan dukungan dalam pembuatan media ini.
2)
Teman-teman sejawat di SMKN 1 Mojokerto yang telah memberikan
dorongan semangat kepada penulis.
3)
Anak dan istriku yang selalu memberi
inspirasi kepada penulis.
Penyusun menyadari bahwa dalam laporan ini masih
terdapat beberapa kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan kritik dari pembaca
sangat penulis harapkan. Atas saran dan kritiknya, penyusun ucapkan terima
kasih.
Penyusun,
========================batas halaman =======================
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................... ii
Nama Media ..................................................................................................................... 1
Tujuan .............................................................................................................................. 1
Manfaat ............................................................................................................................ 1
Teori Terkait .................................................................................................................... 1
Desain Media ................................................................................................................... 2
Prosedur Pembuatan Media ............................................................................................. 2
Penggunaan Media dalam Pembelajaran ......................................................................... 5
0 Comments