PKK Modul 18 Menyeleksi Strategi Pemasaran

KOMPETENSI DASAR : 

18. MENYELEKSI STRATEGI PEMASARAN

Materi Pokok

MENYELEKSI STRATEGI PEMASARAN


Menyeleksi strategi pemasaran adalah cara cerdas pengusaha dalam memilih strategi pemasaran yang cocok sesuai dengan produk usahanya.
Ada banyak strategi misalnya yang terkenal diantaranya STP atau Segmenting, Targeting, dan Positioning”



Gambar 1. Strategi Pemasaran STP

Segmenting 
Segmenting adalah proses dimana anda sebagai seorang pemasar mengkategorikan, mengklasifikasikan, menggolong-golongkan semua target potensial produk yang akan dipasarkan. Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi bagian-bagian berdasarkan pembeli dan kebutuhan, karakteristik atau  perilakunya, dsb.

Gambar 2. Segmentasi Pasar
Targeting 
Selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market. Pengertian dari targeting itu sendiri merupakan sebuah sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran.


Gambar 3. Target Pasar

Produk Positioning 
Positioning yaitu bagaimana anda menempatkan posisi di mata pelanggan jika dibandingkan pesaing. Dalam hal ini termasuk brand image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage sehingga menjadi alasan bagi konsumen memilih produk anda (tidak produk pesaing). Secara umum anda bisamenetapkan ingin seperti apa posisi perusahaan pada persaingan yang ketat.


Gambar 4. Pemosisian Produk

Tugas untuk siswa 
Setelah memperhatikan penjelasan di atas, coba Anda Rancang Langkah Strategi Pemasaran Produk Anda!! Tuliskan dalam lembar kerja!!

Ringkasan
Demikian materi singkat tentang menyeleksi strategi pemasaran kali yang mengulas tentang Strategi STP yaitu : Segmenting, Targeting, dan Positioning. Semoga bermanfaat.


Video Pembelajaran
Berikut disajikan video penjelasan tentang Menyeleksi Strategi Pemasaran.


Pengayaan 
Adapun untuk pengembangan Strategi Pemasaran, tidak hanya STP, bisa yang lain seperti AIDAS, ADIA, SELL, SPIN dan sebagainya.









Post a Comment

0 Comments