PKK Modul 2 Menganalisis Peluang Usaha


PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Ali Basyah




Materi 2 : Menganalisis Peluang Usaha

A.    Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari modul ini siswa diharapkan:
1.  Memahami tentang Peluang Usaha
2.  Sumber Potensi Peluang Usaha
3.  Memahami Resiko Usaha
4.  Pengembangan Ide Kreatif dan Inovatif
B.    Uraian Materi
1.  Memahami tentang Peluang Usaha
Peluang dalam bahasa inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Inspirasi merupakan sumber dari peluang.
Inspirasi bisa muncul dari mana saja dan kapan saja.  Faktor-faktor yang mempengaruhi:
a.  Faktor Internal, yang berasal dalam diri seseorang sebagai subjek, antara lain:
1)  Pengetahuan yang dimiliki:
2)  Pengalaman dari individu itu sendiri;
3)  Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah:
4)  Instuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.
b.  Faktor eksternal, yaitu hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnis, antara lain:
1)  Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan;
2)  Kesulitan yang dihadapi sehari-hari;
3)  Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain;
4)  Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Resep Dr. D.J Schwartz tentang cara memanfaatkan peluang bisnis adalah sebagai berikut:
a.  Percaya dan yakin usaha bisa dilaksanakan.
b. Janganlah hadiri lingkungan yang statis akan melumpuhkan pikiran wirausaha
c.  Setiap hari bertanya pada diri sendiri “bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik.
d.  Bertanya dan dengarkanlah
e.  Perluas pikiran anda
Paul Charlap, mengemukakan 4 unsur yang harus dimiliki agar mencapai sukses:
a.  Work hard (kerja keras)
b.  Work smart (Kerja cerdas)
c.  Enthusiasm (Kegairahan)
d.  Service (pelayanan)
2.  Sumber Potensi Peluang Usaha
a.  Menciptakan produk baru dan berbeda.
b.  Mengamati pintu peluang.
c.  Analisis produk dan proses produksi secara mendalam.
d.  Menaksir biaya awal
e.  Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi.
Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Peggy Lambing ada dua pendekatan utama yang digunakan oleh wirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha baru, yaitu:
a.  Pendekatan “Inside-out “ atau disebut dengan “ Idea Generation “
b. Pendekatan “ The Out-Side In “ atau disebut juga “ Opportunity recognition“
Pemanfaatan peluang usaha yang ada secara Kreatif dan Inovatif
Dalam hal ini, menurut Zimmerer dalam tulisan Suryana (2006: 25) ada tujuh langkah proses Kreatif  yaitu:
a.  Persiapan (Preparation)
b.  Penyidikan (Investigation)
c.  Transformasi (Transformation)
d.  Penetasan (Incubation)
e.  Penerangan (Illumination)
f.   Pengujian (Verification)
g.  Implementasi (Implementation)
3.  Memahami Resiko Usaha
Berbagai peluang usaha yang ada merupakan bentuk lain dari resiko, sehingga seorang wirausaha harus memiliki kemauan dan kemampuan mengambil resiko tersebut dengan perhitungan yang matang, karena pada dasarnya segala resiko dapat diatasi.
Berbagai resiko tersebut dapat dikurangi dengan menerapkan prosedur dalam menganalisis resiko, yaitu menetapkan terlebih dahulu beberapa langkah berikut:
a.  Tujuan dan sasaran usaha.
b.  Meneliti alternatif resiko.
c.  Merencanakan dan melaksanakan sebuah alternatif.
d.  Taksiran resiko usaha.
4.  Pengembangan Ide Kreatif dan Inovatif
Pengertian Kreatif
Pengertian Kretif Menurut Coleman  dan Hamman, berpikir kreatif adalah berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, perencanaan baru, dan seni baru. Rawsilton menjelaskan berpikir kreatif dinamakan berpikir divergen atau lateral, yaitu menghubungkan idea tau hal-hal sebelumnya tidak berhubungan. Untuk dapat berpikir kretif dengan baik, diperlukan keberanian dan keyakinan pada diri sendiri.  Inovasi merupakan penerapan secara praktis gagasan yang kreatif.
Ciri dan Sifat Berpikir Kreatif
Menurut Denny dan Davis, orang yang mempunyai kreativitas yang tinggi cenderung memiliki cirri-ciri sebaga berikut:
a.  Fleksibel, artinya luwes tidak kaku harus menerima ide orang lain.
b.  Tidak konvensional artinya tidak lugu, apa adanya.
c.  Eksentrik (aneh), memiliki pola piker yang berbeda dari orang lain
d.  Bersemangat artinya mempunyai antutias yang tinggi
e.  Bebas, tidak mau terikat pada aturan-aturan tertentu.
f.   Berpusat pada diri sendiri.
g.  Bekerja Keras.
h. Bededikasi artinya mempunyai keteguhan yang tinggi
i.   Inteligen memiliki pemikiran yang tinggi.
Berdasarkan analisis Faktor, Guilford menemukan, bahwa ada lima sifat yang menjadi kemampuan berpikir kreatif
a.  Fluency (kelancaran)
Kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan.
b.  Flexibility (Keluwesan)
Kemampuan untuk mengemukakan  bermaca-macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah.
c.  Orginality (Keaslian)
Kemampuan untuk mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli, tidak klise.
d.  Elaboration(Penguraian)
Kemampuan untuk menguraikan sesuatu seraca terinci.
e.  Redefinition (Perumusan Kembali)
Kemampuan untuk menijau suatu persoalan berdasarkan perspektif yang berbeda dengan apa yang sudah diketahui oleh banyak orang.
Tahap-tahap Berpikir Kreatif
Dalam berpikir kreatif, terdapat tahap-tahap yang dilalui, mulai dari persiapan sampai diperoleh hasil pemikiran. Menurut Rawlinson, berpikir kreatif melewati tahapan sebagai berikut.
a.  Tahap Persiapan
Tahap untuk memperoleh fakta tentang persoalan yang akan dipecahkan (pengumpulan informasi atau data)
b.  Tahap usaha
Tahap dimana individu menerapkan cara berpikir divergen (menyebar). Pada tahap ini, diperlukan usaha yang sadar untuk memisahkan produksi ide dari evaluasi dengan menunda lebih dahulu adanya penilaian terhadap ide-ide muncul.
c.  Tahap Inkubasi
Tahap dimana individu seakan-akan meninggalkan (melepaskan diri) dari persoalan dan memasukannya kea lam bawah sadar (mengeraminya), sedangkan  kesadarannya memikirkan hal-hal yang lain.
d.  Tahap pengertian
Tahapnya diperoleh insight atau yang biasa disebut aha erlibnis. Ciri Khas dari tahap ini adalah adanya sinar penerangan (Iluminasi) yang mendadak menyadarkan orang akan ditemukannya jawaban.
e.  Tahap Evaluasi
Pada tahap ini, ide-ide yang dihasilkan diperiksa dengan teliti serta dengan kritis memisahkan ide-ide yang kurang berguna, tidak sesuai ataupun yang terlalu mahal biayanya bila dilaksanakan.
Berdasarkan penelitian, kreativitas dapat diidentifikasikan menjadi 3 tipe:
a.  Menciptakan; proses membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada.
b.  Memodifikasi: mencari cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikan seseuatu menjadi berbeda.
c.  Mengkombinasikan; menggabungkan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan.
Kreativitas dan Inteligensi mempunyai perbedaan. Orang yang kreatif belum tentu inteligensinya tinggi, dan sebaliknya. Para peneliti membuat empat variasi hubungan kretivitas dengan inteligensi, yaitu:
a.  Kreativitas  rendah, inteligensi rendah
b.  Kreativitas tinggi, inteligensi tinggi
c.  Kretivitas rendah, inteligensi tinggi
d.  Kreativitas tinggi, inteligensi rendah
Orang yang kreatif tidak takut dengan semakin sempitnya lapangan kerja, karena orang kreatif dapat menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri maupun orang lain.
Pengertian dan Arti Penting Inovasi
Inovasi, yaitu penemuan atau terobosan yang menghasilkan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya atau mengerjakan sebuah produk yang sudah ada dengan cara yang baru. Seorang Sosiologi, Schumpeter, menyatakan bahwa Inovasi adalah pembeda antara seorang wirausahawan dan pengusaha biasa. Inovasi harus dilakukan terus-menerus agar usaha yang dilakukan menghasilkan keuntungan dan berumur panjang.
Prinsip-prinsip Inovasi
Prinsip keharusan
a.  Keharusan menganalisis peluang
b.  Keharusan memperluas wawasan
c.  keharusan untuk bertindak efektif
d.  Keharusan untuk tidak berpikir muluk
Prinsip Larangan
a.  larangan untuk berlaga pinter
b.  Larangan untuk rakus
c.  Larangan utuk berpikir terlalu jauh kedepan
Mengembangkan cara berpikir inovatif
a.  biasakan memiliki mimpi
b.  Perkayalah sumber ide
c.  Biasakan diri menerima perbedaan dan perubahan
d.  Tumbuhkan sikap empati



Gambar 2.1 Analisis Peluang Usaha

C.    Petunjuk Praktikum
1.     Judul : Menganalisis Peluang Usaha
2.     Tugas Masalah
a.     Menggali potensi diri dan menganalisis usaha yang paling mungkin dapat dilakukan.
b.     Memahami bahwa dari pengamatan dan pengalaman dapat menggali peluang menciptakan usaha.
3.     Prinsip Teori
a.     Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi di sekitar kita. Selama masih ada kebutuhan dan keinginan, selama itu pula masih terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan seperti mengenali potensi diri, mengenali kebutuhan pasar, mengembangkan produk yang sudah ada, memadukan bisnis yang sudah ada, mengenali trend yang ada.
b.     Mengenali sesuatu yang semua dianggap sepele ternyata kalau ditekuni dapat menjadi bisnis yang luar biasa.
4.     Kegiatan Praktikum
a.     Menjawab pertanyaan dalam menganalisis peluang usaha.
Pertanyaan :
1)     Tuliskan 5 bidang usaha yang paling mungkin kamu bisa lakukan berdasarkan potensi kemampuan keilmuan yang kamu miliki. Abaikan tentang kebutuhan modal usaha, tempat usaha dan lain lain diluar potensi keilmuan yang kamu miliki.
2)     Identifikasi masing masing 2 produk yang paling bersinggungan dengan keilmuan kamu yang paling kamu anggap bisa dikerjakan dari 5 bidang usaha yang telah disajikan di point 1) di atas.
3)     Isikan angka rentang 1 s/d 4 sesuai kriteria yang kamu anggap wajar ke dalam tabel Analisis Peluang Usaha.

Produk
Mudah dipro duksi
Murah bahan baku
Tersedia alat produksi
Memiliki skill/ teknologi
Pasar luas
Harga murah
S
1. ???







2. ???







3. ???







4. ???







5. ???








5.     Paparan Hasil Analisis
Setiap siswa diberi kesempatan memaparkan hasil analisa produk dari ide pekerjaan dan penentuan peluang usaha.
Paparan :
a.     Sebutkan 5 kegiatan!
b.     Sebutkan 10 produknya!
c.     Produk yang nilai tertinggi apa?
d.     Produk yang diatas >18 apa saja?
e.     Produk yang dibawah >8 apa saja?
6.     Diakhir praktikum dilakukan test

Sebagai ilustrasi dapat dilihat dalam video berikut,





Link Terkait Sebelumnya :
PKK Modul 1 Memahami Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Link Terkait Berikutnya :
PKK Modul 3 Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Post a Comment

0 Comments